MATERI BIOLOGI KELAS 9:PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF DAN VEGETATIF PADA HEWAN

JPG

Perkembangan reproduksi atau perkembangan generatif dan perkembangan pertumbuhan atau perkembangan vegetatif. Dalam konteks perkembangan generatif, hewan mengalami proses reproduksi dan perkembangan embrio, sedangkan perkembangan vegetatif melibatkan pertumbuhan, perkembangan organ, dan perubahan fisik lainnya yang tidak berkaitan langsung dengan reproduksi.

Berikut sedikit materi dari Perkembangbiakan Generatif dan Perkembangan Vegetatif pada hewan:

A. Perkembangbiakan Generatif

Perkembangan generatif pada hewan adalah proses yang berkaitan dengan reproduksi dan pembentukan individu baru. Beberapa aspek penting dalam perkembangan generatif pada hewan meliputi:

1. Pembiakan

Proses perkembangan generatif dimulai dengan pembiakan, yang dapat dilakukan melalui berbagai mekanisme, seperti reproduksi seksual dan aseksual. Pada hewan, reproduksi seksual melibatkan penyatuan sel-sel kelamin jantan (sperma) dan sel kelamin betina (telur), yang menghasilkan embrio.

2. Pembuahan

Setelah sperma bertemu dengan telur, terjadi proses pembuahan. Pembuahan adalah penggabungan materi genetik dari kedua orang tua, yang membentuk embrio dengan karakteristik genetik yang unik.

3. Embriogenesis

Ini adalah tahap awal perkembangan generatif di mana embrio mulai berkembang dan membentuk berbagai jaringan dan organ. Proses ini melibatkan pembelahan sel, diferensiasi sel, dan pembentukan berbagai lapisan jaringan seperti endoderm, mesoderm, dan ektoderm.

4. Organogenesis

Selama tahap ini, organ-organ utama mulai terbentuk dari lapisan-lapisan jaringan yang ada. Contohnya, jantung, otak, usus, dan organ vital lainnya mulai mengembangkan struktur dan fungsi mereka.

5. Kelahiran atau penetasan

Pada beberapa hewan, perkembangan generatif berakhir dengan kelahiran atau penetasan. Proses ini bervariasi tergantung pada jenis hewan dan termasuk kelahiran vivipar (anak-anak lahir hidup), ovipar (telur menetas), dan ovovivipar (telur menetas dalam tubuh ibu).

B. Perkembangbiakan Vegetatif

Perkembangan vegetatif pada hewan melibatkan pertumbuhan dan perkembangan organisme selama tahap-hidupnya yang tidak terkait dengan reproduksi. Beberapa aspek penting dari perkembangan vegetatif meliputi:

1. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Hewan mengalami pertumbuhan fisik selama masa perkembangan vegetatif. Proses ini melibatkan penambahan sel, pembelahan sel, dan perluasan jaringan. Hewan biasanya mencapai tahap dewasa mereka setelah melewati berbagai tahap pertumbuhan.

2. Perubahan fisik

Selama perkembangan vegetatif, hewan sering mengalami perubahan fisik yang berkaitan dengan perubahan usia. Contohnya, pada serangga, metamorfosis adalah proses perubahan fisik yang signifikan dari larva menjadi pupa dan akhirnya menjadi dewasa.

3. Adaptasi terhadap lingkungan

Beberapa hewan mengalami perubahan fisik dan perilaku sebagai respons terhadap perubahan lingkungan, seperti perubahan musim atau tekanan lingkungan lainnya. Misalnya, hewan yang mengalami perubahan warna untuk beradaptasi dengan musim dingin.

4. Perkembangan sistem reproduksi

Bagian dari perkembangan vegetatif adalah perkembangan sistem reproduksi. Hewan sering mengalami perubahan dalam sistem reproduksinya saat mencapai kedewasaan seksual.

Perkembangan generatif dan vegetatif adalah dua aspek yang penting dalam kehidupan hewan. Mereka berkontribusi pada kelangsungan hidup dan diversitas spesies hewan di berbagai lingkungan. Perkembangan generatif berkaitan langsung dengan reproduksi dan pewarisan sifat-sifat genetik, sementara perkembangan vegetatif melibatkan pertumbuhan, perubahan fisik, dan adaptasi selama siklus hidup hewan.

Baca juga: ALASAN MENGAPA GURU BIMBEL LEBIH POPULER DARIPADA GURU SEKOLAH

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.com, olimpiadekita.com, pusatbelajar.online, kompetisionline.com, kompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Sumber gambar: www.google.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *