SEJARAH PENEMUAN JARINGAN 5G

PNG

Sejarah jaringan 5G mencakup beberapa dekade penelitian, kemajuan teknologi, dan upaya standardisasi.

Berikut ikhtisar singkat tonggak penting dalam penemuan dan pengembangan jaringan 5G:

Penelitian dan pengembangan awal (Akhir 1980-an hingga awal 2000-an)

Dasar untuk 5G di mulai dengan penelitian tentang komunikasi nirkabel dan evolusi jaringan seluler.
Peneliti akademis dan industri mengeksplorasi teknologi baru, seperti sistem multiple-input multiple-output, untuk meningkatkan transmisi data nirkabel dan meningkatkan kapasitas jaringan.

Keterlibatan dan visi ITU (2008)

International Telecommunication Union membentuk kelompok kerja yang di sebut “Vision for 2020 and Beyond” meletakkan dasar jaringan seluler generasi berikutnya. Inisiatif ini bertujuan untuk menentukan persyaratan utama dan kemampuan jaringan masa depan, termasuk yang nantinya akan menjadi 5G.

Upaya standardisasi (2010-an)

Pada tahun 2011, ITU secara resmi menetapkan persyaratan International Mobile Telecommunications-Advanced (IMT-Advanced), dan meletakkan dasar untuk 5G.
Sejak 2013 dan seterusnya, berbagai badan standardisasi, termasuk Proyek Kemitraan Generasi ke-3 (3GPP), mulai bekerja untuk mengembangkan spesifikasi 5G.
Beberapa pelaku industri, termasuk perusahaan telekomunikasi, produsen peralatan, dan penyedia teknologi, berkolaborasi untuk membentuk standar 5G.

Penerapan awal (2018-2019)

Jaringan 5G komersial pertama di luncurkan di kota-kota tertentu di seluruh dunia pada tahun 2018 dan 2019, di mulai dengan negara-negara seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Tiongkok.
Penyebaran ini berfokus pada penyediaan layanan broadband seluler yang di tingkatkan dengan kecepatan data yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan peningkatan kapasitas jaringan.

Perluasan kapabilitas 5G (2020-sekarang)

Saat ekosistem 5G berevolusi, kasus penggunaan baru dan kemampuan di luar broadband seluler yang di tingkatkan muncul, seperti komunikasi tipe mesin masif dan komunikasi latensi rendah yang sangat andal. Pengembangan teknologi 5G yang sedang berlangsung juga melibatkan penyebaran sel kecil, pengirisan jaringan, komputasi tepi, dan teknologi antena canggih seperti beamforming.

Pada 2021-2022, jaringan 5G terus berkembang secara global, dengan peningkatan jangkauan dan kemajuan teknologi lebih lanjut. Penting untuk di catat bahwa pengembangan 5G adalah proses yang berkelanjutan, dan peningkatan serta penyempurnaan lebih lanjut di harapkan di tahun-tahun mendatang.

Baca juga : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI JARINGAN 3G

YUK IKUTAN KOMPETISI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI!!!

Yuk, ikuti kompetisi online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Mari kita hadapi kompetisi dengan semangat kompetitif yang sehat dan berusaha mencapai hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi Anda di Kompetisi Online Terspektakuler dari Beelajar.com, Kompetisi.co.id, Olimpiadekita.com, AjangJuara.com, KompetisiNasional.com, Carilesprivat.com, dan PT. HARMONI KREASI DIGITAL. Bergabunglah dalam kompetisi online, dan mari terus belajar, tumbuh, dan meraih kesuksesan bersama!

1 komentar untuk “SEJARAH PENEMUAN JARINGAN 5G”

  1. Pingback: SEJARAH JALAN ANYER RAYA PANARUKAN

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *