Taukah Kamu Tentang Peta Dunia? Yuk Simak Berikut Ini!!


Peta dunia adalah salah satu bentuk peta yang menggambarkan sebagian atau seluruh permukaan Bumi secara keseluruhan yang dapat dilihat secara umum dan dapat dibuat menggunakan berbagai proyeksi peta. Peta dunia dapat berupa peta politik maupun fisik. Tujuan utama peta politik adalah menunjukan batas teritorial; tujuan peta fisik adalah untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau penggunaan tanah. Selain itu, peta dunia juga dapat menunjukkan penampakan alam dan dan buatan manusia.

peta dunia
sumber : https://gres.web.id/peta-dunia/

Peta Dunia
Peta dunia adalah salah satu bentuk peta yang menggambarkan sebagian atau seluruh permukaan Bumi secara keseluruhan yang dapat dilihat secara umum dan dapat dibuat menggunakan berbagai proyeksi peta. Peta dunia dapat berupa peta politik maupun fisik. Tujuan utama peta politik adalah menunjukan batas teritorial; tujuan peta fisik adalah untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau penggunaan tanah. Selain itu, peta dunia juga dapat menunjukkan penampakan alam dan dan buatan manusia. Keberadaan peta dunia seperti saat ini, tidak lepas dari perkembangan peradaban manusia. Orang sendiri membutuhkan yang namanya perlengkapan bantu penunjuk arah serta tempat, khususnya untuk para pelayar serta penjelajah lautan lepas. Tak ada penunjuk arah yang pasti serta akurat di laut, mengandalkan bintang utara pun harus menanti malam. Maka peta serta kompaslah yang menjadi penolong dan teman sejati untuk mereka.

baca juga Kurikulum Merdeka?Diterapkan untuk Pelajar? Simak Informasi Berikut!

Perlu kamu ketahui bahwa pembuatan peta dunia dapat kita kategorikan menjadi 4 fase. Ini terjadi seiring dengan adanya perkembangan dari ilmu pengetahuan serta pemahaman tentang bentuk bumi, seiring dengan aktivitas pelayaran yang telah dilakukan oleh manusia :

  1. Periode Awal
    Pada tahun 2300 SM adalah awal dimana peta dunia pertama kali dibuat oleh bangsa Babilonia, peta tersebut dibuat dengan memanfaatkan tablet dari tanah liat.
    Pada peradaban Yunani, ilmu pengetahuan mulai berkembang dengan pesat, termasuk di dalamnya mengenai ilmu kartografi. Konsep tentang bumi bulat yang dicetuskan oleh Aristoteles mendapatkan banyak pengakuan dari para filsuf dan ahli bumi waktu itu.
    Beranjak di tahun 165-85 SM, pada masa periode ini ilmu kartografi mencapai puncak era kejayaan di Yunani dan Roma karena kartograf yang bernama Ptolemaeus atau yang dikenal sebagai Ptolemy.
  2. Periode Pertengahan
    Pada abad pertengahan ketika masa dimana agama berkuasa, sehingga penggambaran dari peta dunia pun harus mengikuti cara pandang dari agama. Di Jerussalem peta dunia yang terkenal adalah bentu T-O, yang mana gambar bulat (O) dan di dalamnya terbagi menjadi tiga bagian (T), sisi atas menunjukkan Asia dan dua sisi bawah adalah Afrika dan Eropa.
    Di era ke-12 bangsa Viking mulai melakukan penjelajahan ke arah utara Atlantik dan mempercayai bentuk bumi yang sebenarnya.
    Peta gambar tangan yang dibuat oleh bangsa-bangsa dari Mediterania dan Arab.
  3. Periode Kejayaan
    Pada abad ke-15, telah ditemukan yang namanya alat pencetak peta yang dibuat dari kayu. Pada abad ke-16, sebuah alat pencetak yang dibuat dari tembaga dikembangkan dan menjadi dasar dari pembuatan peta hingga dikembangkannya teknik fotografis.
    Pada abad ke-16, Gerardus Marcator mengembangkan sebuah proyeksi silindris untuk menggambarkan sebuah peta. Inilah yang sekarang kita kenal sebagai globe.
  4. Periode Modern
    Sejak era abad ke-17 inilah teknologi yang dapat digunakan untuk ilmu kartografi terus dikembangkan.
    Sekarang proses dari pembuatan peta dapat dilakukan dengan menggabungkan antara pengindraan dari satelit, foto udara, dan hasil dari pengecekan langsung di lapangan. Dan ketiga konsep pasti tersebut digabungkan.

Dengan adanya perkembangan dari ilmu kartografi dan pembuatan peta dunia adalah hal yang wajib kita syukuri. Berkat jasa dari para pemikir selama ribuan tahun, kita dapat menikmati hasilnya saat ini. Mulai dari hal yang sederhana seperti menemukan lokasi dari tempat yang ingin kita ketahui dan tuju. Mempermudah sistem navigasi, sehingga mengemudikan alat transportasi semacam kapal laut atau pesawat menjadi lebih mudah.

Selain dari itu, manusia modern sangatlah terikat akan waktu. Dengan adanya sistem penanggalan dan juga pembagian waktu yang sudah dicetuskan pada kartografi dulu, kita yang hidup di masa kini hanya perlu menikmati hasilnya saja.

4 komentar untuk “Taukah Kamu Tentang Peta Dunia? Yuk Simak Berikut Ini!!”

  1. Pingback: JOGGING PAGI YANG MENYEHATKAN

  2. Pingback: PELAJAR PANCASILA? APA SAJA PROFILNYA?

  3. Pingback: PULAU JAWA? SEJARAH KEPULAUAN JAWA

  4. Pingback: Berinvestasi yang Baik dan Benar!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *