Manfaat Centella Asiatica untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Manfaat Centella


Centella Asiatica
atau daun pegagan lebih banyak dikenal sebagai salah satu kandungan alami dalam produk skincare. Manfaat centella asiatica untuk kulit memang tak perlu diragukan lagi, yakni mampu menghidrasi kulit, mengurangi jerawat, menyembuhkan luka, hingga menyamarkan stretch mark.

6 Manfaat Centella Asiatica Pada Skincare untuk Kesehatan Kulit

Centella asiatica adalah daun hijau berbentuk kipas. Di Indonesia, centella asiatica dikenal dengan nama daun pegagan. Tanaman satu ini juga memiliki nama lain Gotu kola. Daun pegagan banyak pula ditemukan di Tiongkok, Jepang, India, Australia, hingga Amerika Serikat sebagai pengobatan alami. Manfaat daun pegagan sebagai pengobatan tradisional disebut baik untuk kesehatan, termasuk mengatasi stres dan kecemasan, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya ingat, mengobati insomnia, mengatasi penyakit Alzheimer, hingga meredakan masalah kulit. Walaupun cenderung aman dikonsumsi sebagai salah satu obat herbal, para ahli dari University of Maryland Medical Center mengingatkan agar tidak mengonsumsi daun centella lebih dari 6 minggu tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Manfaat Centella Asiatica 

  1. Menghidrasi Kulit

Kandungan centella asiatica mengandung bioaktif alami, saponin triterpenoid, flavonoid, phenolic acid, steroid triterpenoid, asam amino, dan gula. Berbagai kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas, meredakan peradangan, mempertahankan air lebih lama pada kulit, dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis di kulit. Manfaat centella asiatica untuk wajah dalam menjaga hidrasi kulit juga dibuktikan dalam sebuah studi yang dimuat dalam Clinical, Cosmetic, and Investigation Dermatology. Studi tersebut melakukan percobaan dengan meneteskan cairan yang mengandung hyaluronic acid, gliserin, dan ekstrak daun centella pada lengan bawah 20 orang wanita selama 24 jam.Peneliti ingin melihat tingkat hidrasi dan jumlah air yang hilang dari kulit dengan meneteskan cairan tersebut pada satu sisi lengan, sementara sisi lengan lainnya diolesi krim plasebo. Hasilnya, lengan yang mendapat cairan campuran ekstrak centella asiatica memperlihatkan lebih banyak hidrasi dan mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit secara signifikan dibandingkan penggunaan krim plasebo.

  1. Mengurangi Jerawat

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry melaporkan manfaat centella asiatica untuk jerawat. Para peneliti melakukan percobaan menggunakan madecassoside, yakni salah satu komponen molekul yang terdapat di dalam centella, ke sel kulit manusia yang diberi rangsangan bakteri penyebab jerawat. Hasilnya, ditemukan bahwa madecassoside mampu menenangkan kulit dengan cara mengurangi peradangan yang disebabkan oleh masalah jerawat sekaligus melembapkan kulit.

  1. Mengurangi Peradangan Akibat Penyakit Kulit

Berdasarkan uji coba pada hewan tikus, manfaat centella asiatica disebut dapat mengurangi peradangan akibat penyakit kulit, seperti dermatitis atopik.  Akan tetapi, studi yang dimuat dalam International Journal of Molecular Sciences ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya.

  1. Memperlambat Tanda Penuaan

Sejumlah penelitian yang ada, menyebutkan fungsi centella asiatica untuk memperlambat tanda penuaan kulit. Hal ini tak terlepas dari kemampuannya dalam meningkatkan produksi kolagen. Berkat stimulasi produksi kolagen ini, elastisitas kulit dapat meningkat serta mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk keriput dan kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.  Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Experimental Dermatology, peneliti melakukan percobaan pada 20 orang partisipan yang mengalami tanda-tanda penuan dini pada kulit.

  1. Menyembuhkan Luka

Daun pegagan mengandung senyawa kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid. 

Senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Wounds menemukan, luka pada tikus yang diobati dengan ekstrak daun pegagan dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka yang tidak diobati. Ekstrak tanaman ini juga terbukti dapat membantu menyembuhkan luka akibat benda tajam, luka robek, dan luka infeksi. Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan di Minerva Chirurgica melaporkan bukti bahwa centella asiatica mampu mengurangi jaringan parut bekas operasi setelah diberikan dalam bentuk dosis oral. Bahkan, penelitian lain juga menyebutkan manfaat cica adalah membantu menyembuhkan luka bakar dan menurunkan risiko infeksi setelah diberikan dalam bentuk topikal (salep).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *